Wednesday, January 8, 2025
No menu items!
HomeBisnisSering Tidak Fokus Saat Bekerja? Lakukan Tips Berikut ini!

Sering Tidak Fokus Saat Bekerja? Lakukan Tips Berikut ini!

Di zaman digital seperti sekarang, email, notifikasi, dan obrolan online menjadi gangguan utama di tempat kerja. Tak hanya itu, tatap muka dengan rekan kerja juga bisa jadi sumber gangguan. Menjaga fokus di tengah arus gangguan ini bukan perkara mudah, apalagi jika kamu bekerja dari jarak jauh atau kerja dari rumah tentunya akan banyak gangguan seperti keluarga, pasangan, dan bahkan hewan peliharaan, pada akhirnya gangguan ini akan membuat kerja kamu tidak fokus. Nah, karena banyaknya gangguan maka kamu harus memiliki semacam resep khusus agar kamu dapat menyelesaikan pekerjaan dengan konsentrasi penuh.

Tentu gangguan yang terus-menerus bukan hanya mengganggu produktivitas, tapi juga bisa meningkatkan tingkat stres. Menurut sebuah studi dari UCI, dibutuhkan lebih dari 20 menit bagi seseorang untuk kembali fokus setelah merasa terganggu. Dampaknya, pekerjaan bisa jadi tidak selesai tepat waktu, bahkan mengakibatkan kesalahan. Jadi, mengendalikan gangguan adalah langkah penting untuk meningkatkan kebahagiaan dan kinerja kerja.

Mengubah cara kamu menanggapi gangguan membutuhkan manajemen yang bijaksana, sementara orang di sekitarmu mungkin perlu memahami batasan-batasan dalam menghubungi kamu saat bekerja. Menerapkan aturan baru mungkin terasa sulit, terutama jika melibatkan keluarga, tapi bisa dilakukan dengan cara yang diplomatis. Ingatlah kondisi mental kamu dan pentingnya mengatur waktu dengan baik.

Berikut adalah beberapa strategi dan tips yang bisa kamu lakukan untuk tetap bisa fokus pada pekerjaan:

  1. Balas Chat Seperlunya
    Jika kamu sedang bekerja dan tiba-tiba ada yang chat atau telpon apa yang akan kamu lakukan? Kalau kamu balas chat itu secara langsung bisa dipastikan kamu akan kehilangan fokus terhadap apa yang sedang kamu kerjakan. Karenannya, coba terapkan komunikasi asinkron di mana kamu hanya membalas pesan saat memiliki waktu luang, bukan secara langsung. Ini membantu memprioritaskan pekerjaan utama kamu.
  2. Prioritaskan Tugas
    Kamu harus bisa membedakan mana yang prioritas dan mana yang bukan. Atur prioritas terhadap tugas-tugas yang penting dan yang bisa ditunda. Ini membantu kamu fokus pada hal yang benar-benar mendesak.
  3. Manajemen Diri
    Mulailah dengan merencanakan tugas kamu dan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif. Dengan pengendalian diri yang baik, maka bisa dipastikan kamu bisa lebih efektif dalam menyelesaikan pekerjaan.
  4. Tetapkan Tujuan secara Jelas
    Tentukan tujuan kamu secara jelas. Ini membantu meningkatkan motivasi dan fokus dalam bekerja. Susun target secara clear, agar kamu kembali fokus dalam bekerja dan menyusun goal.
  5. Manajemen Waktu
    Selalu pelajari cara baru untuk meningkatkan manajemen waktu. Tetapkan batas waktu untuk setiap tugas dan prioritaskan pekerjaan yang perlu kamu selesaikan. Dengan melakukan manajamen waktu maka itu artinya kamu menghargai waktu, bedakan waktu untuk bekerja dan berlibur, sayangi dirimu dan keluargamu.
  6. Tetapkan Batasan
    Menentukan batasan yang jelas baik di tempat kerja maupun di rumah menjadi hal yang sangat penting. Dengan melakukan ini maka akan membantumu meningkatkan produktivitas dan mengurangi gangguan yang tidak perlu.
  7. Matikan Telepon
    Ini tips penting juga yang perlu kamu coba, di saat kerja coba gunakan mode pesawat atau matikan smartphone kamu untuk menghindari gangguan. Ini membantu kamu fokus pada pekerjaan tanpa terganggu oleh panggilan atau pesan yang mungkin kurang penting.

Nah, dengan melakukan tips-tips diatas kamu akan terhindar dari gangguan dan pada akhirnya fokus melakukan kerja yang akan meningkatkan produktivitas dan kesuksesan. Jadi, silakan mulai sekarang buatlah jadwal yang teratur agar pekerjaanmu tidak tertunda, selamat mencoba.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments